Home » Hari Raya Nyepi di Bali
Hari Raya Nyepi di Bali
Ogoh - Ogoh

Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali ini adalah satu-satunya hari suci yang dihitung menurut kalender Hindu – berdasarkan solar kalender dan Nyepi berarti Sepi -di Tahun Baru Bali. Setiap tahun pada awal bulan kesepuluh atau pada akhir bulan kesembilan atau pada bulan Maret. Hari Raya Nyepi dirayakan di seluruh Bali.
Untuk tahun 2022 akan dirayakan pada tanggal 3 Maret 2022 (Tahun Caka 1944)
Hari-hari puasa (Nyepi) ini berpedoman pada perputaran bumi mengelilingi matahari dan memiliki makna mistik dan koslogis, festival berlangsung selama tiga hari. Di akhir bulan kesembilan, di hari pertama, upacara dipersembahkan untuk para dewa, charu (persembahan) juga diberikan kepada ibu pertiwi dan untuk semua kekuatan dunia bawah (roh). Pada sore hari ini masyarakat membawa ogoh – ogoh (simbol roh) berkeliling ke desa, untuk melepaskan roh dari desa.
Pada hari kedua, pagi-pagi sekali, sebelum bangun orang mulai mandi, yang kemudian dilanjutkan dengan sarapan kecil. Segera setelah matahari terbit, orang-orang memulai upacara puasa dan tinggal di dalam rumah. Orang tidak diperbolehkan mengukus nasi atau menyalakan api unggun. Di malam hari mereka tidak boleh menggunakan lampu. Semua orang tua dan muda, menjalankan puasa dan tidak boleh makan selama dua puluh empat jam. Lalu lintas benar-benar berhenti kecuali untuk ambulans modal dan polisi yang sedang bertugas, bandara di Bali juga ditutup kecuali dalam penerbangan darurat.

Hari Raya Nyepi di Bali
Parade Ogoh - Ogoh

Email : info@bali-water-sports.com
No HP  081-2395-6828
No Whatsapp 081-2395-6828
Untuk komunikasi yang akurat dan cepat, lebih baik menghubungi kita langsung melalui Whatsapp.
Atau bisa mengisi formulir email di bawah ini.

Hari Raya Nyepi di Bali