Home » Pura Gunung Kawi Sebatu
Pura Gunung Kawi Sebatu

Bosan dengan hiruk pikuk di Bali selatan, Kuta, Nusa Dua atau Sanur, dengan pantai dan gemerlap malamnya? Cobalah datang ke kawasan utara Ubud tepatnya di Kecamatan Tegallalang dimana kawasan ini menjadi tempat bagi mereka yang menyukai obyek wisata dengan mengandalkan keindahan alam, budaya dan kedamaian, karena disinilah pusat kebudayaan dan agama di Bali masih asli dan alami. Salah satunya adalah Pura Mata Air Gunung Kawi Sebatu dimana anda akan benar-benar merasakan kesucian dan keindahan sebuah pura Hindu di Bali.

Tidak diketahui secara pasti kapan Pura ini dibangun namun menurut catatan sejarah disebutkan bahwa Pura Gunung Kawi Sebatu dibangun untuk pemujaan para dewa, khususnya Dewa Wisnu atas perintah Rishi Markandeya. Rishi Markandeya adalah seorang Maharishi Hindu dari pulau Jawa yang pindah ke Bali pada abad ke-8. Suasana yang masih asri juga dihadirkan oleh Pura ini. Tepat di belakang pura terdapat hutan dan persawahan yang memberikan efek hijau. Air dari mata air di pura digunakan untuk mengairi sawah di sekitar desa yang diknal dengan sistem subaknya.

Sawah Teras dekat Pura

Pura Mata Air Gunung Kawi telah menjadi bagian dari obyek wisata spiritual untuk penyucian mata air yang terletak di Desa Sebatu, Tegallalang, Gianyar, Bali. Dari pusat Kota Ubud ke pura ini akan memakan waktu sekitar 30 menit berkendaran dengan mobil atau sepeda motor. Dari kawasan Pantai Kuta atau Sanur akan memakan waktu sekitar 1,30 jam perjalanan. Pura yang memiliki luas sekitar 50 hektar. Masih di kawasan yang sama, terdapat dua pura lainnya, yaitu Pura Pemaksan Pasek Gelgel dan Pura Beji. Pura Pemaksan Gelgel terletak di sebelah timur yang diusung oleh Krama Pasek Gelgel di Desa Adat Sebatu, sedangkan Pura Beji untuk hiburan berada di kawasan Desa Adat Telepud.

Kolam Ikan Koi

Pura mata air Gunung Kawi Sebatu dikategorikan sebagai pura “Dhang Kahyangan” dimana semua umat Hindu di Bali diperbolehkan beribadah disini karena pura di Bali memiliki kategori yang berbeda seperti pura umum, jadi orang yang beribadah di pura ini tidak hanya berasal dari Desa Sebatu saja tetapi dari seluruh umat hindu yang ada di Bali. Selain untuk pemujaan, di pura ini juga terdapat beberapa pancuran air suci dimana masyarakat menggunakannya untuk “Melukat” atau mandi penyucian karena dipercaya bahwa “Melukat” di pancuran ini akan diberkati oleh para dewa.

Pancuran Suci di Pura Gunung Kawi Sebatu

Upacara Hari Raya Suci besar yang diadakan di sini adalah piodalan setiap Purnamaning (bulan purnama) Sasih Kasa, artinya akan dirayakan setiap 1 tahun sekali menurut penanggalan lunar kalender. Seperti umumnya memasuki kawasan keramat pura ini, bagi wisatawan yang datang wajib memakai pakaian adat yang sopan dengan sarongnya. Di area pembelian tiket telah disediakan kain untuk dipinjamkan kepada pengunjung selama berada di area pura. Untuk upacara hari raya suci pura umum lainnya di Bali, Baca Selengkapnya.

Pura Gunung Kawi Sebatu

Di areal pekarangan objek wisata pura ini juga terdapat kolam dengan ukuran yang cukup besar. Ada juga wantilan (ruang pertemuan) untuk pengunjung lokal dan asing bisa bersantai di sana. Banyak dari mereka yang membawa keluarga, menghabiskan waktu, dan menikmati suasana indahnya suasana kolam Ikan Koi. Para wisatawan dapat melakukan aktivitas dengan memberi makan Ikan Koi dengan terdapat ratusan ikan berukuran sedang yang berenang hilir mudik di area kolam yang ditengahnya ada Patung Dewi Saraswati (Dewi Ilmu Pengetahuan). Tidak hanya ikan di area kolam, ada juga beberapa hewan lain di area taman yang cukup terawat.

Kolam Ikan Koi

Biaya tiket masuk Pura Gunung Kawi Sebatu untuk orang dewasa Rp 15,000 seorang dan untuk anak-anak Rp 10,000 seorang.

Tempat menarik lainnya yang dekat dengan Pura Gunung Kawi Sebatu dan menarik untuk dikunjungi adalah Hutan Monyet Ubud, Pasar Seni Ubud, Istana Ubud, Pura Gunung Lebah Ubud, Celuk Silver Smith Village, Rumah Tradisional Bali, Pura Saraswati, Ayunan Bali Swing,  Pasar Seni Sukawati, Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Tibumana, Gunung Berapi Kintamani Batur, Gua Gajah, Bukit Campuhan Ubud, Taman Burung, Teras Sawah Tegallalang, Pura Mata Air Tirta Empul, Monumen Raja Gunung Kawi, Desa Batubulan, Tari Barong dan Keris, Arung Jeram Rafting di Sungai Ayung Ubud, Kebun Kopi Bali, Taman Kebun Binatang Bali, Taman Kupu-Kupu, Pura Puseh Batuan dan Desa Seni Ubud.

Untuk mengunjungi Desa Batubulan anda dapat kombinasikan dengan melihat tempat-tempat yang indah lainya yang dekat dengan Desa Batubulan dengan mengikuti Paket Tour Satu Hari Penuh dan Paket Tour Setengah Hari. Atau anda juga dapat mengabungkan dengan melakukan Pertualangan Tour lainnya seperti Arung Jeram Rafting di Rafting di Sungai Ayung Ubud, Rafting di Sungai Telaga Waja, Naik ATV, Naik Gajah dan Paket Aktivitas Water Sport.

Teras Sawah Tegallalang
Teras Sawah Tegallalang

Pura Gunung Kawi  Sebatu terletak di Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar – Bali.

Email : info@bali-water-sports.com
No HP  081-2395-6828
No Whatsapp 081-2395-6828
Untuk komunikasi yang akurat dan cepat, lebih baik menghubungi kita langsung melalui Whatsapp.

Pura Gunung Kawi Sebatu